Ingin merasakan liburan di padang pasir Sahara? Anda tak perlu jauh-jauh datang ke Afrika. Datang saja ke Jogja. Anda akan menemukan padang pasir luas yang tak kalah indah dari padang pasir Sahara. Pergi saja ke Jogja bagian selatan, yaitu di Bantul. Para traveler pasti sudah tak asing lagi dengan Pantai Parangtritis. Padang pasir Sahara itu ada di dekat Pantai Parangtritis, di Parangkusumo tepatnya. Berikut ulasan singkat tentang Gumuk Pasir Parangkusumo.

Lokasi 

Gumuk Pasir Parangkusumo berlokasi di jalan Pantai Parangkusumo rt 1, Grogol 10, Kretek, Parangtritis, Bantul. Gumuk pasir ini  berada di sepanjang muara Sungai Opak hingga Pantai Parangtritis.

Rute Perjalanan yang Harus di Tempuh

Bagi Anda yang ingin menikmati pemandangan Gumuk Pasir Parangkusumo ini, Anda bisa menempuh waktu 53 menit dari pusat Kota Jogja dengan jarak kurang lebih 28 km.

Dari Kota Jogja, menuju ke arah selatan menuju jalan Mataram. Ikuti jalan tersebut hingga ke jalan Brigadir Jenderal Katamso, lurus terus ke jalan Parangtritis. Melewati alfamart parangtritis 1 di kiri jalan, lalu belok  kanan ke jalan Pantai Parangkusumo dan Gumuk Pasir ada di kanan jalan.

Tiket Masuk

Untuk masuk di area Gumuk Pasir Parangkusumo, Anda tidak dikenai biaya masuk, hanya saja membayar retribusi di tempat pembayaran retribusi (TPR) masuk wisata Parangtritis sebesar Rp 3.000 per orang dan belum termasuk biaya parkir.

Fasilitas yang Tersedia

Pengelola menyediakan papan sandboarding beserta alat pengamannya untuk disewakan. Biaya sewanya antara Rp 70.000-Rp 150.000 dan Anda bisa merasakan bermain sandboarding sepuasnya.

Aktivitas yang Bisa Dilakukan

Gumuk pasir ini berasal dari abu vulaknik Gunung Merapi sebagai salah satu gunung aktif di dunia. Pasir-pasir tersebut terbawa oleh aliran sungai Opak hingga bermuara di Pantai Parangtritis. Material vulkanik tersebut sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu hingga membentuk gumuk atau gundukan pasir yang sangat luas dan dikenal dengan nama Gumuk Pasir Parangkusumo.

Di area gumuk pasir ini, Anda bisa bermain ski pasir atau yang biasa disebut sandboarding. Olahraga sandboarding ini dilakukan di ketinngian 20 meter dan Anda dapat meluncur sepanjang 200 meter. Tak perlu khawatir, olahraga satu ini sudah dilengkapi dengan pengaman seperti, pengaman siku, lutut dan helm.  Sandboarding sangat cocok dilakukan pada jam 4 hingga 6 sore. Anda tak perlu kepanasan karena teriknya matahari. Setelah lelah bermain sandboarding, Anda juga bisa menikmati indahnya sunset di Pantai Parangtritis.

Gumuk Pasir Parangkusumo ini, merupakan gurun pasir yang sangat cantik. Bahkan pernah menjadi lokasi shooting video klip penyanyi papan atas seperti AgnesMo, Bondan and Fade2Black dan Letto. Selain itu, bisa juga dijadikan lokasi pre-wedding yang epic.

Ingin mencoba liburan yang berbeda? Coba saja bermain sandboarding di Gumuk Pasir Parangkusumo. Anda akan mendapatkan pengalaman berbeda bermain pasir di pinggir pantai. Selamat mencoba……